Sabtu, 25 Mei 2019

4 Tahapan Perkembangan Bayi yang Perlu Anda Tahu

4 Tahapan Perkembangan Bayi yang Perlu Anda Tahu

Perkembangan Bayi bagi sebagian orang mungkin bukan hal yang perlu diketahui. Mereka berpandangan, bayi akan berkembang dengan sendiri selama pola asuhnya baik. Namun begitu, sebenarnya setiap pengasuh bayi harus tahu tahapan perkembangan bayi. Ini untuk mengetahui sedini mungkin jika bayi memiliki kelainan tertentu pada perkembangannya. Untuk itu, baik Anda simak ulasan berikut.

Perkembangan Bayi Mulai Usia 0-3 Bulan

Umumnya, bayi usia 0 bulan sering tersenyum dan menampakkan ekspresi wajah tertentu. Baru pada usia dua atau tiga bulan, bayi mulai bisa tertawa dan mengangkat kepalanya. Biasanya, bayi berumur tiga bulan juga sudah bisa mengenal aroma tubuh orangtuanya.

Namun ada juga, bayi yang sudah bisa menoleh ketika mendengar suara tertentu pada usia tiga bulan. Bayi bahkan sudah ada yang bisa berguling pada usia ini. Namun perkembangan bayi seperti mungkin tidak banyak ditemui, mengingat kemampuan perkembangan bayi tidak selalu sama.

Perkembangan Bayi Mulai Usia 4-6 Bulan

Bayi usia 4 bulan sudah bisa melihat dengan jelas. Dia akan tersenyum jika diajak bercanda. Dia juga sudah bisa menatap langsung ke arah orang yang berinteraksi dengannya. Hanya saja, dalam usia tersebut, biasanya bayi tidak bisa menoleh untuk mencari keberadaan Anda. Satu-satunya cara yang dilakukan bayi usia tersebut adalah dengan menangis.

Memasuki usia 5 bulan, biasanya bayi sudah paham ketika seseorang memanggil namanya. Respon yang diberikan adalah dengan menoleh. Bayi juga sudah pandai mengoceh serta menghibur diri jika tengah tidak bersama dengan orangtua atau siapapun di lingkungannya. Biasanya bayi menghibur diri dengan memainkan kaki serta tangannya.

Anda bisa mendudukkan bayi ketika bayi sudah berusia 6 bulan. Namun, perkembangan bayi di usia ini belum sampai pada tahap duduk sendiri. Bayi masih membutuhkan penyangga di belakang ketika didudukkan. Dia belum bisa menyangga tubuhnya sendiri.

Yang lucu lagi, pada usia ini, biasanya bayi mampu memainkan ludahnya dan mengeluarkan suara-suara tertentu. Bayi juga sudah bisa kembali dari posisi tengkurap ke posisi telentang. Tidak seperti ketika usia sebelumnya yang hanya bisa tengkurap tetapi tidak bisa kembali telentang.

Perkembangan Bayi Mulai Usia 7-9 Bulan

Bayi di usia 7 bulan biasanya sudah bisa duduk tanpa dibantu. Bayi juga sudah mulai meniru suara orang-orang yang berbicara padanya. Jika ada orang bercerita di dekatnya, biasanya bayi akan dia mendengarkan. Benda-benda yang ada di sekitar bayi juga diraih dan ditarik meski belum terlalu fokus langsung pada benda yang dimaksud.

Lalu kapan bayi sudah mampu merangkak? Umumnya, bayi sudah mulai bisa merangkak saat usia 8 bulan atau lebih. Memang, ada juga bayi yang sudah bisa merangkak pada usia 7 bulan. Namun hanya bayi yang memiliki kemampuan perkembangan tinggi yang demikian.

Usia 9 tahun, biasanya bayi sudah bisa berdiri dengan memegang benda di sekitarnya. Dalam istilah jawa disebut trantanan atau merambat. Bayi juga sudah pandai menjatuhkan atau melemparkan benda-benda. Ketiak dia mengambil suatu benda, dia melakukan itu dengan cara menjepit dengan kedua tangannya.

Perkembangan Bayi Usia 10-12 Bulan

Biasanya bayi sudah bisa melambaikan tangan di usia ini. Dia juga sudah pandai diajak bermain ci-luk-ba. Pada usia-usia ini, biasanya bayi sudah mulai berdiri dengan tegak. Namun masih dalam waktu sebentar. Untuk itu, Anda harus berhati-hati, sebab bayi rawan jatuh dan menangis.

Pada usia 11 bulan, rata-rata bayi sudah bisa mengumpulkan suatu benda dan memasukkannya ke dalam keranjang. Bayi juga sudah mengerti ketika Anda memerintahkan sesuatu. Kosa kata yang biasa diucapkan adalah memanggil orangtuanya dengan panggilan pendek, bu atau ma.

Mengetahui dan mengawal perkembangan bayi adalah hal yang menyenangkan. Namun, tentu semuanya butuh proses dan kesabaran berlipat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Faris Java Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates