Sabtu, 24 Agustus 2019

Untung Rugi Menggunakan Spare Parts KW


Untung Rugi Menggunakan Spare Parts KW

Merawat kendaraan bermotor yang dimiliki merupakan hal wajib yang harus dilakukan pemilik kendaraan. Salah satunya adalah melakukan penggantian spare parts secara teratur. Tujuannya tentu saja untuk memelihara kendaraan agar tidak mudah rusak, dan enak dipakai.

Namun, sering kali pemilik kendaraan bermotor memilih spare parts KW untuk kendaraannya alih-alih memilih yang original. Alasannya beragam, mulai dari harga yang miring dan jauh lebih terjangkau daripada suku cadang original, lebih mudah ditemukan dan dicari, atau karena ketidaktahuan. Padahal sebenarnya, membeli dan menggunakan suku cadang original untuk motor Anda akan jauh lebih menguntungkan, lho. Ayo cermati alasannya.

1. Harga suku  cadang KW memang lebih murah, tapi kualitasnya lebih rendah

Walau harganya jauh dibawah suku cadang yang original, sebenarnya suku cadang KW juga memiliki kualitas yang lebih rendah daripada suku cadang yang asli. Mungkin di awal-awal akan terasa lebih hemat karena uang yang Anda keluarkan untuk membelinya lebih sedikit daripada jika membeli yang asli. Tapi jika mudah rusak dan aus, ujung-ujungnya jadi boros dana juga untuk membeli yang baru.

2. Masa pakai suku cadang KW lebih singkat

Jika suku cadang original bisa bertahan hingga bertahun-tahun, maka suku cadang KW masa pakainya akan jauh lebih singkat. Hal ini berhubungan dengan kualitasnya. Tentu saja yang original akan lebih berkualitas daripada yang KW, bukan? Lalu akhirnya akan sama seperti poin 1 di atas, Anda malah akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk mengganti suku cadang.

3. Suku cadang juga mempengaruhi performa motor Anda

Hal ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Jika suku cadang yang notabene akan mendukung kinerja mesin kendaraan Anda tidak asli, tentu performa mesin dan kendaraan Anda akan terpengaruh. Ujung-ujungnya performa motor akan menurun bahkan mandeg. Hal ini akan sangat disayangkan terutama jika motor Anda adalah motor dengan harga mahal dan kelas yang mumpuni.

Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas hingga kesulitan membeli suku cadang original, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Tujuannya agar Anda tidak kesulitan membeli suku cadang original saat waktu penggantian tiba.

4. Ketahui batas usia pemakaian suku cadang motor Anda

Dengan mengetahui batas usia pemakaian suku cadang, Anda bisa bersiap-siap untuk menggantinya saat diperlukan. Misalnya saringan hawa yang harus diganti setiap sepuluh ribu kilometer. Di batas enam atau tujuh kilometer Anda bisa melakukan servis yang lebih serius agar saringan hawa tadi tetap berfungsi prima hingga ke batas pemakaiannya.

5. Anggarkan sejak awal

Yang namanya memiliki kendaraan bermotor pasti akan memerlukan biaya untuk servis dan mengganti suku cadang. Karena itu biasakan untuk menganggarkan dana agar saat suku cadang harus diganti, Anda tidak kerepotan memangkas mata anggaran yang lain.

6. Beli suku cadang di outlet resmi

Jika Anda membeli suku cadang di bengkel atau outlet selain outlet resmi, tentu Anda akan mendapat harga yang lebih mahal. Maka belilah suku cadang di outlet resminya. Selain mendapat harga resmi yang lebih ringan dari pada harga di luaran, keaslian dan kualitas suku cadang tersebut juga bergaransi. Maka Anda bisa berhemat sekaligus menjaga performa kendaraan Anda agar tetap prima.

Spare parts sejatinya memang tidak bisa dipisahkan dari kendaraan yang kita gunakan. Selain menjaga agar kendaraan kita tidak mudah rusak dan tetap enak dipakai, memakai suku cadang original juga sebenarnya lebih hemat dari segi biaya karena minus perbaikan.
  
Spare part motor Anda akan berpengaruh pula pada performa motor Anda. Dari uraian di atas dapat ditangkap bahwa walau suku cadang KW lebih murah dan mudah didapat, tetap saja yang original lebih baik dalam kualitas dan lebih awet. Jadi, stop memakai yang KW.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Faris Java Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates