Selasa, 24 September 2019

Mengenal Beberapa Spesialis Dokter Gigi Beserta Tugas dan Kewajibannya

Mengenal Beberapa Spesialis Dokter Gigi Beserta Tugas dan Kewajibannya

Selain dilihat dari segi kesehatan merawat gigi merupakan investasi estetika demi menunjang rasa percaya diri. Terlebih lagi untuk yang terbiasa melakukan aktivitas yang membutuhkan rasa percaya yang cukup tinggi. Kurang bisa merawat gigi juga dapat menjadi hal fatal yang tidak hanya mengganggu penampilan maupun kesehatan. Dilihat dari segi kesehatan, kurang menjaga kesehatan gigi dapat berimbas pada gusi bengkak, radang gusi, gigi berlubang, karang gigi bahkan hingga tumor gusi. Jika sudah demikian baru tersadar dan bergegas untuk pergi ke dokter gigi.

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang berbagai macam jenis penyakit gigi. Melainkan lebih kepada ahli kedokteran gigi yang terbagi menjadi berbagi macam spesialis. Jadi dengan adanya pembahasan ini, diharapkan Anda dapat mengerti kemana akan berobat perihal masalah gigi yang sedang dialami. Berikut beberapa dokter spesialis gigi yang perlu Anda ketahui:

1. Pedodontis (Sp.KGA)

Dokter gigi dengan gelar Pedodontis (Sp.KGA) merupakan dokter khusus anak yang biasa menangani masalah tumbuh gigi anak. Selain itu, ia juga berperan untuk mendeteksi gangguan pada gusi dan mulut dengan melakukan penanganan yang komprehensif. Dokter spesialis ini juga tidak hanya konsen merawat anak yang sehat secara motorik, namun juga dapat merawat anak yang berkebutuhan khusus. Di urutan kedua ada Dokter spesialis bedah mulut.

2. Bedah Mulut (Sp.BM)

Tugas dari dokter yang satu ini adalah menangani pasien yang ingin melakukan cabut gigi akibat berlubang atau masalah lain. Tak sekedar cabut gigi saja, dokter spesialis bedah mulut juga sering melakukan penanganan terhadap bibir sumbing. Sedangkan untuk Anda yang ingin melakukan pemasangan gigi palsu dapat mengunjungi dokter spesialis Prostodontis (Sp.Pros). dokter prostodontis merupakan ahli pembuatan gigi palsu yang memiliki kemiripan hampir 100 persen. Di urutan ketiga ada Dokter Ortodontis (Sp.Ort).

3. Ortodontis (Sp.Ort)

Dokter ortodentis cocok untuk Anda yang menginginkan bentuk gigi yang jauh lebih sempurna dari sebelumnya. Hal yang bisa dilakukan untuk dokter spesialis yang satu ini adalah merapikan struktur gigi yang dirasa kurang rapi. Lain halnya dengan Dokter spesialis Endodontis (Sp.KG) yang berperan lebih kepada estetika seperti pencegahan karies, perawatan endodontik, restorasi, bedah gigi hingga kosmetik gigi.

4. Periodontis (Sp.Perio)

Di urutan keempat ada Dokter Periodontis (Sp.Perio) yang lebih konsen terhadap masalah jaringan penyangga pada gigi. Dokter dengan gelar ini juga biasa melakukan perawatan pada masalah kelainan yang terjadi pada gusi. Sedangkan dibagian perawatan mulut dipercayakan pada Dokter bergelar Oral Medicine (Sp.PM). Dokter spesialis perawatan mulut ini biasanya akan konsen terhadap penderita yang mengalami gangguan mulut seperti jamur, masalah sendi, rahang dan halitosis. Sedangkan Dental Radiologist (Sp.RKG) merupakan dokter yang biasa menangani radiologi pada dunia kedokteran gigi dan mulut.

Itulah tadi beberapa dokter spesialis gigi yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter gigi. Lakukan medical check-up setiap 6 bulan sekali untuk memantau kondisi kesehatan gusi dan mulut. Jaga kebersihan gigi dengan rutin gosok gigi dua kali sehari saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Kurangi makan-makanan manis serta minuman yang dapat merusak gigi. Jangan tunggu sakit gigi baru pergi ke dokter. Pergi ke dokter saat gigi sudah terasa sakit merupakan hal yang percuma dan sia-sia. Karena dokter sudah tidak bisa melakukan tindakan medis dengan sembarangan untuk menghindari kerusakan saraf.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Faris Java Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates