Senin, 07 Oktober 2019

Biar Gak Malu, Begini 7 Cara Mengurangi Keringat Berlebih

Biar Gak Malu, Begini 7 Cara Mengurangi Keringat Berlebih

Produksi keringat yang berlebih tak jarang menyebabkan rasa malu. Bagaimana tidak, bayangkan saja pakaian Anda basah disebabkan keringat terutama di area sekitar ketiak. Apalagi ditambah dengan bau tak sedap yang muncul karena produksi keringat yang berlebihan tersebut. Agar situasi memalukan seperti ini tak Anda alami, segera ikuti 7 cara mengurangi keringat berlebih berikut ini. 

1. Menggunakan Antiperspiran Sebelum Tidur dengan Rutin

Jika tubuh Anda memproduksi keringat berlebih, jangan ragu untuk memanfaatkan antiperspiran. Antiperspiran bekerja dengan cara menyumbat kelenjar keringat, sehingga keringat yang dihasilkannya tak bisa mencapai permukaan kulit. Untuk hasil yang optimal, gunakan antiperspiran sebelum Anda tidur di malam hari, dengan keadaan ketiak yang bersih dan kering. 

2. Gunakan Pakaian dengan Bahan yang Sejuk di Kulit 

Pilihan pakaian yang Anda kenakan merupakan salah satu faktor yang bisa memicu produksi keringat berlebih. Agar produksi keringat tetap terkontrol, gunakan pakaian yang berbahan ringan, terasa sejuk di kulit, dan tentunya dapat menyerap keringat dengan baik. Pastikan pakaian terbuat dari bahan yang membuat kulit bisa bernapas dengan lega, sehingga udara keluar dan masuk bisa lancar. 

3. Hindari Pengonsumsian Makanan Pemicu Keringat Berlebih 

Makanan yang Anda konsumsi bisa menjadi salah satu pemicu kelenjar keringat Anda bekerja dengan lebih aktif. Jadi, sebaiknya Anda menghindari makanan yang bisa membuat produksi keringat jadi tak terkontrol. Makanan dengan cita rasa pedas merupakan salah satu penyebab tubuh memproduksi keringat lebih banyak. Begitu pun dengan makanan dan minuman yang mengandung kafein. 

4. Jaga Kondisi Tubuh untuk Tetap Rileks 

Saat merasa panik, kelenjar keringat akan bekerja lebih aktif dibanding biasanya. Akibatnya, tubuh Anda pun jadi dibanjiri oleh keringat. Suhu tubuh juga akan meningkat dibanding biasanya, sehingga akan makin membuat Anda merasa jadi tak nyaman. Cara mengurangi keringat berlebih di situasi seperti ini adalah dengan mencoba atau mensugesti diri Anda untuk tetap rileks.  

5. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik 

Salah satu penyebab produksi keringat berlebih adalah dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh. Saat cairan dalam tubuh kurang dari batas yang diperlukan, maka suhu tubuh akan meningkat, mengakibatkan kelenjar keringat pun jadi makin aktif bekerja. Untuk mengatasinya, selalu cukupi asupan cairan tubuh agar kondisinya menjadi sejuk dan bebas dari keringat berlebih.  

6. Mengonsumsi Buah dan Sayuran Segar dengan Rutin 

Keringat yang berlebih bisa disebabkan oleh tak lancarnya sistem pencernaan. Organ pencernaan yang butuh waktu lama untuk memproses makanan, akan membuat suhu tubuh menjadi meningkat dan keringat pun jadi melimpah. Agar kerja organ pencernaan lancar, baiknya Anda membiasakan diri mengonsumsi buah dan sayuran. Tak hanya itu, buah dan sayur juga mengandung banyak vitamin. 

7. Berolahraga dengan Rutin 

Tubuh yang dibiasakan untuk berolahraga rutin akan membuat produksi keringat menjadi lebih terkontrol. Saat berolahraga, maka hormon penyebab stres, kortisol, akan berkurang. Selain itu, berolahraga juga akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak endorfin. Kurangnya hormon kortisol dan endorfin yang meningkat membuat tubuh jadi rileks, sehingga keringat berlebih bisa dihindari. 

Jika dibiarkan, produksi keringat yang berlebihan akan sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Apalagi kondisi keringat yang berlebihan merupakan pemicu utama munculnya bau badan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti cara mengurangi  keringat berlebih yang telah dipaparkan di atas. Dengan terkontrolnya produksi keringat, Anda pun bisa lebih percaya diri dalam menjalani aktivitas. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Faris Java Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates