Minggu, 03 November 2019

Rekomendasi Peluang Usaha yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga


Rekomendasi Peluang Usaha yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga
Siapa bilang dengan menjadi ibu rumah tangga, Anda tak bisa menghasilkan uang? Malah, dengan fokus mengurus keluarga, Anda bisa punya waktu untuk mengeksplorasi bakat yang dimiliki, lalu menjadikannya sebagai peluang usaha. Jadi, walau kelihatannya hanya di rumah saja, uang tetap mengalir ke rekening Anda. Berikut 8 usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga.
1.   Berjualan Camilan
Ibu rumah tangga umumnya memiliki bakat masak yang luar biasa. Beragam kreasi makanan sering diciptakan, khususnya oleh ibu yang telah memiliki anak. Nah, manfaatkan bakat memasak Anda yang mumpuni, dengan membuat camilan berupa gorengan atau kue kering, lalu menjualnya. Lumayan kan, Anda bisa mendapatkan tambahan uang belanja dari hobi Anda yang satu ini.
Penjualan camilannya pun tak terbatas hanya di lingkungan Anda saja. Jika Anda bisa membuat camilan itu dalam jumlah banyak, Anda bisa membuka jasa pemesanan camilan. Lalu, agar konsumennya semakin bertambah, jangan lupa promosikan juga usaha kuliner Anda ini via media sosial. Siapa tahu, bermula dari penjualan camilan skala kecil, usaha tersebut bisa menjadi besar.
2.   Make Up Artist (MUA)
Zaman sekarang, keberadaan Make Up Artist atau MUA memang begitu dibutuhkan. Apalagi saat musim wisuda atau pernikahan, jasa MUA akan begitu dicari. Anda yang punya bakat khusus dalam memoles wajah, bisa turut memasarkan jasa Anda ini, loh. Bermodalkan seperangkat alat kosmetik, Anda sudah bisa memulai usaha yang bayarannya terbilang cukup fantastis ini.
3.   Reseller atau Dropshipper
Jika punya waktu luang setelah mengurusi keperluan rumah tangga, tak ada salahnya Anda menjajal peruntungan dengan menjadi reseller atau dropshipper. Berbagai barang bisa Anda jual, khususnya pakaian dan juga aksesori. Tak perlu modal banyak jika ingin menjalankan usaha ini. Cukup aktif di media sosial untuk mempromosikan barang Anda, maka keuntungan sudah bisa didapatkan. 
4.   Berjualan Barang secara Online
Jika tadi Anda hanya menjadi seorang reseller atau dropshipper, usaha sampingan satu ini memang memasarkan barang yang Anda produksi sendiri. Misalnya, Anda yang kebetulan memiliki bakat dalam menjahit, lalu menjual pakaian tersebut secara online. Penjualan bisa Anda lakukan di media sosial ataupun dengan membuka lapak khusus di situs e-commerce.
5.   Freelance Content Writer dan Copywriter
Menjadi ibu rumah tangga, bukan berarti Anda tak bisa berkarya. Anda yang suka menulis bisa terus melanjutkan hobi tersebut dengan menjadi penulis konten. Sekarang ini, sudah banyak situs yang membayar penulis lepas untuk menulis konten di tempatnya. Anda juga bisa mencari pekerjaan untuk para freelance content writer di beberapa situs penyedia jasa freelancer.
6.   Penerjemah Bahasa Asing
Bermodalkan bahasa asing yang Anda punya, Anda bisa menyediakan jasa penerjemah bagi yang membutuhkan. Enaknya pekerjaaan seperti ini adalah, Anda bisa menerjemahkan dokumennya di rumah. Jadi, pekerjaan rumah dan pekerjaan sampingan tetap bisa seimbang. Jangan lupa manfaatkan media sosial untuk mempromosikan jasa penerjemahan Anda ini.
7.   Pelukis Henna
Sama seperti MUA, para pelukis henna saat ini memang begitu sangat diperlukan keahliannya. Hampir di setiap pernikahan, sang pengantin wanita pasti terlihat menggunakan henna. Anda yang memiliki kreativitas khusus dalam mengukir henna di tangan, sangat pas untuk menjalankan usaha ini. Tarif untuk melukis tangan dengan henna ini pun mencapai ratusan ribu, lumayan banyak kan?
8.   Youtuber
Saat ini, banyak ibu-ibu rumah tangga yang aktif di youtube sebagai vlogger. Hampir sebagian besar mereka membagikan video berisikan proses memasak makanan. Jumlah penontonnya pun bisa mencapai jutaan orang. Maka dari itu, mengapa Anda tak mencoba juga menjadi seperti mereka? Lumayan kan, Anda bisa dapat uang tambahan dari adsense yang dipasang di video Anda.
Jangan jadikan status sebagai ibu rumah tangga, membuat Anda malas untuk melakukan kegiatan yang mendatangkan uang tambahan. Jadilah ibu rumah tangga yang kreatif, sehingga walau kesannya Anda hanya duduk di rumah, penghasilan bisa tetap mengalir. Ada banyak peluang usaha bisa Anda lakukan di rumah, misalnya saja seperti 8 jenis usaha yang telah dipaparkan di atas.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Faris Java Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates