Selasa, 20 Agustus 2019

Tips Membeli Kamera Sesuai Kebutuhan


Tips Membeli Kamera Sesuai Kebutuhan

Fotografi sudah menjadi semacam hobi bagi kalangan masyarakat. Terlebih dengan berkembangnya media sosial, semakin banyak orang yang mencoba lebih mendalami hobi ini atau hanya sekadar suka mengabadikan setiap kegiatan mereka. Meski kebanyakan handphone sekarang sudah dilengkapi dengan kamera mumpuni, tapi sebenarnya kualitasnya masih kalah dibanding kamera digital ataupun kamera pocket seperti sony dsc rx100m5a yang memiliki kualitas sauper canggih.

Apalagi bagi kamu yang suka travelling, dengan menggunakan kamera sony dsc rx100m5a ini pastinya sangat menguntungkan, mengingat ukuran dan bobot kamera ini sangatlah ringan. Namun perlu diingat jikalau membeli kamera adalah keputusan besar. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kamera. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah kamera.

Ketahui tujuan membeli kamera

Sebelum memutuskan untuk membeli kamera, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui apa tujuan kamu. Apakah kamera tersebut hanya dibeli untuk foto-foto biasa sehari-hari, membuat content seperti content creator, atau sebagai photographer. Tentunya masing-masing memiliki kebutuhan kamera yang berbeda untuk memenuhi tujuannya, bukan?

Ketahui seputar kamera melalui internet

Budayakan googling sebelum bertanya. Kalo informasi tentang kamera yang kamu incer belum cukup kamu dapet, kamu bisa mencari informasi yang lebih banyak dan bervariasi dari internet, Banyak  situs dalam negeri dan luar negeri yang mengulas tentang berbagai jenis kamera, mulai dari fungsi, spesifikasi dan harga. Nah, setelah kamu tau kebutuhan kamu dan menyesuaikan dengan budget, carilah beberapa opsi kamera yang akan kamu beli.

Tentukan model yang diinginkan

Berangkat dari tujuan kamu, tahap berikutnya adalah menentukkan model yang diinginkan. Model atau tipe kamera tentunya banyak sekali seperti point and shoot, mirrorless, DSLR, dan bridge camera. Biasanya untuk pemula, lebih disarankan untuk membeli kamera dengan model point and shoot atau mirrorless karena tidak terlalu berat dan cenderung lebih mudah untuk digunakan.

Minta rekomendasi teman yang mengerti kamera

Sekarang sudah banyak banget forum-forum dan group di facebook yang khusus membahas soal fotografi. Jika kamu seorang pemula di dunia fotografi, jangan ragu untuk join di forum atau grup-grup tersebut.

Biasanya di forum-forum tersebut banyak fotografer yang memang sudah pengalaman, tidak hanya paham teknik untuk menghasilkan foto yang ciamik, biasanya mereka juga tau kamera mana yang bagus ketika kamu bertanya dan menjelaskan kebutuhan kebutuhan apa dan budget kamu berapa.

Jangan malu buat nanya, apalagi jika kamu punya teman yang expert di bidang fotografi, jangan sungkan untuk mencuri ilmu dan bertanya seputar kamera dan minta rekomendasi kamera yang cocok buat kamu.

Memiliki shooting mode yang mudah digunakan

Shooting mode yang dimiliki oleh kamera juga tak kalah penting untuk kamu perhatikan. Sebagai pemula, carilah shooting mode yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya terdapat opsi video untuk kamu yang ingin bisa merekam.

Untuk pemula, kamu juga bisa mencari shooting mode dengan auto mode [A+] sehingga dapat memudahkan kamu yang belum bisa mengatur fokus dan brightness secara manual. Jadi tidak perlu takut foto yang dihasilkan akan blur karena tidak fokus.

Carilah yang memiliki fitur wifi atau bluetooth

Selain lebih efisien, dengan adanya fitur wifi dalam kamera pastinya juga akan memudahkan kamu untuk dapat langsung mengirimkan foto ke smartphone dibandingkan harus memasukkan sd card nya dahulu ke komputer atau laptop.

Sesuaikan dengan keuangan

Seberapa besar pun keinginan untuk membeli sebuah kamera, tetap perlu disesuaikan dengan kemampuan budget atau keuangan kamu. Tidak perlu yang paling mahal, yang penting kamera yang dipilih tersebut dapat memenuhi semua kebutuhan kamu.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Faris Java Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates