Jumat, 01 Mei 2020

Memulai Bisnis Ekspedisi, Jangan Lupa Perhatikan Beberapa Hal Ini


Memulai Bisnis Ekspedisi, Jangan Lupa Perhatikan Beberapa Hal Ini
Bisnis ekspedisi memang usaha yang sudah umum di Indonesia. Kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi dengan mudahnya pengiriman barang antarkota. Bisnis ekspedisi yang sedang berkembang pun tak luput dari peran penting penggunaan truk. Namun, tak semua perusahaan ekspedisi memiliki truk pribadi. Ada yang menggunakan jasa sewa truk, dan ada pula yang melakukan cicilan pembelian truk. Sebut saja contohnya truk Fuso dari Mitsubishi. Beberapa pemilik bisnis ekspedisi bisa melakukan pembelian secara kredit, dan cicilan truk Mitsubishi dapat dibayarkan selagi bisnis berjalan. Untuk Anda yang benar-benar ingin memulai bisnis ekspedisi, perhatikanlah beberapa hal berikut ini.
1. Tentukan produk dan siapkan beberapa hal yang diperlukan
Penentuan produk yang akan ditawarkan kepada pembeli sangatlah penting. Sebab, hal ini akan memengaruhi hal-hal lainnya. Putuskan terlebih dulu jenis ekspedisi apa yang akan Anda jalankan, misalnya ekspedisi dalam kota, antarkota, antarprovinsi, ataupun antar pulau. Selain itu, tentukan pula jenis truk yang akan digunakan dan beberapa pihak terkait seperti kantor administrasi dan CV maupun PT.
2. Bekerja sama dengan pihak asuransi
Asuransi merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko yang diakibatkan oleh kerusakan atau kecelakaan. Memiliki perlindungan ini untuk truk Anda sangatlah penting karena dapat meminimalisir lonjakan biaya yang tak terduga. Maka bekerja sama lah dengan pihak asuransi, baik asuransi pengiriman barang maupun asuransi kecelakaan.
3. Menentukan pemilihan pengemudi
Dalam mengontrol jalannya bisnis, Anda dapat memilih mengendarai truk sendiri atau merekrut pengemudi bayaran. Sesuaikanlah pemilihan pengemudi ini dengan modal yang Anda punya saat akan memulai bisnis ekspedisi.
4. Terapkan harga bersaing
Saat ini seperti yang kita tahu sudah banyak sekali bisnis ekspedisi yang ada di Indonesia. Jika Anda ingin menarik minat pelanggan, gunakanlah harga bersaing. Namun, harus tetap memperhitungkan biaya-biaya lainnya agar tidak terjadi kerugian dalam bisnis yang Anda jalankan.
5. Lakukan inovasi
Banyaknya bisnis ekspedisi yang berkembang menjadi alasan Anda perlu berinovasi sekecil apa pun itu. Sebab, daya saing di pasar otomatis semakin tinggi. Oleh karena itu, Anda harus selalu mencari tahu kebutuhan pelanggan seiring berjalannya waktu.
Mengembangkan bisnis memang tidaklah mudah. Pasang surut akan selalu ada saat Anda berencana untuk membuka bisnis sendiri. Usaha yang lebih dari cukup adalah salah satu cara tetap bertahan dalam pasar. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!


0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Faris Java Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates