Selasa, 15 September 2020

Yuk Simak 5 Hal yang Perlu Dicermati Saat Menggunakan Masker Kain


Yuk Simak 5 Hal yang Perlu Dicermati Saat Menggunakan Masker Kain

WHO telah menganjurkan seluruh penduduk untuk menggunakan masker kain sebagai upaya memutus rantai penyebaran Virus Corona. Meskipun kondisi tubuh anda sehat, penggunaan masker saat di luar rumah ini dianggap jauh lebih baik untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Meski begitu, jika masker tidak dipakai dengan benar maka anda pun tetap berisiko tertular. Berikut beberapa hal yang perlu dicermati saat menggunakan print masker berbahan kain.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Masker Kain

1. Memilih Bahan Kain Terbaik

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam memilih masker adalah melihat bahan kainnya. Para ahli membandingkan efektivitas dari berbagai bahan yang digunakan untuk membuat alat pelindung mulut. Kemudian ditemukan bahwa bahan kain rata-rata ekeftif menangkal virus mencapai sekitar lebih dari 51 persen. Dalam menangkal kuman berukuran 0,02 mikron yang lebih kecil dari Virus Corona, kain katun 100 persen merupakan pilihan yang baik.

2. Cuci Masker dengan Air Panas

Anda sangat disarankan untuk mencuci masker kain dengan menggunakan air panas. Menurut WHO atau World Health Organization, penggunaan air dengan minimal suhu 56 derajat celcius lebih ampuh untuk membunuh virus. Jika merendam alat pelindung mulut berbahan kain dengan air panas selama 15 menit dapat membunuh kurang lebih 10 ribu virus. Selain menggunakan air panas, gunakan juga deterjen atau sabun untuk mencuci print masker atau masker lainnya.

Namun sebaiknya hindari penggunaan dari mesin cuci saat akan mencuci masker. Karena penggunaan dari mesin cuci bisa membuat bahan kain menjadi melar akibat dari putaran mesin yang kencang. Warna serta gambar yang terdapat di permukaan kain pun bisa menjadi pudar jika dicuci dengan mesin. Oleh karena itu, sebaiknya anda mencuci alat pelindung mulut yang anda miliki dengan menggunakan tangan di ember yang sudah diisi dengan air.

3. Menyimpan dan Memakai Masker

Untuk mengurangi risiko menempelnya kuman, bakteri, serta virus pada masker yang sudah bersih dicuci. Maka alangkah baiknya apabila anda menyimpan alat pelindung mulut tersebut di tempat yang bersih. Sehingga masker anda akan terhindar dari debu dan juga kuman. Lipat sisi print masker yang terkena mulut di bagian dalam, agar lebih terjaga kebersihannya. Saat anda bepergian pun, ada baiknya jika anda membawa pouch kecil sebagai tempat masker.

4. Tetap Berlakukan Physical Distancing

Meski sudah menggunakan masker dan membawa handsanitizer sebagai alat perlindungan diri. Namun, anda tetap harus memberlakukan physical distancing ketika berada di luar rumah atau di tempat umum. Tetap jaga jarak minimal satu hingga dua meter, agar terhindar dari droplet yang mungkin bisa berasal dari orang-orang di sekitar anda. Selain itu, jika tidak ada kepentingan yang mendesak, maka sebaiknya anda tetap di rumah saja.

5. Durasi Penggunaan Masker

Masker kain memang dapat digunakan berulang kali asalkan rutin dicuci dengan bersih. Namun anda harus memperhatikan durasi pemakaiannya. Penggunaan masker kain yang dianjurkan yakni tidak lebih dari empat jam. Maksimal anda hanya boleh menggunakan alat pelindung mulut tersebut tidak lebih dari rentang waktu tersebut. Dan jika sudah memasuki lima jam, maka anda harus segera menggantinya dengan print masker bersih yang baru.

Itulah beberapa hal yang perlu anda cermati saat menggunakan masker kain di era new normal saat ini. Lakukan langkah-langkah perawatan masker kain dengan benar. Agar anda tidak perlu terus membeli alat pelindung mulut yang baru. Jangan lupa untuk selalu menggunakannya kemana pun anda pergi saat di luar rumah. Berbagai macam masker kain dengan berbagai model dapat anda pesan di custom.co.id.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Faris Java Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates